Rabu, 02 April 2014

Tips Mengajak Anak Mandi

Hallo, selamat siang para Moms... sudah siang begini adakah anak-anak yang belum mandi? uhuuk..itu laporan si embak di rumah beberapa waktu yang lalu, enggak sering tapi pernah. Iya, si embak menyampaikan ketika aku pulang kerja sore hari, kalau anak saya mandinya siang.

Apa sich sebenarnya yang membuat anak lelakiku itu kadang bersikap aneh, untuk acara mandi? kadang bangun tidur pagi malah maunya langsung mandi, kadang mandinya maunya sama abi atau saya, kadang ya...gitu enggak mau mandi hingga siang.

Nah, berikut tips yang saya gunakan jika sedang bersama anakku dan rada enggak mood untuk mandi. Alasannya sih karena masih asyik bermain bersama temannya di luar atau kalau sudah mandi, nanti enggak boleh main lagi, hehee...anak kecil sudah memiliki kesimpulan sendiri seperti itu yak.

Berikut tips mengajak anak mandi ala saya;
  1. Ceritakan apa akibat tidak mandi
  2. Perlihatkan teman-temannya yang sudah mandi
  3. Sampaikan kerugian jika tidak lekas mandi
  4. Tanya kepada anak, ingin mandi dengan siapa
  5. Ajak anak mengobrol dengan riang dan kesimpulannya ada pada acara mandi
  6. Jangan mengancam jika sudah mandi tidak boleh main kotor.
Sementara tips di atas bisa membuat anak lelakiku langsung masuk kamar mandi dan tidak ada perlawanan yang sama dengan saya kecil. Ehem..ingat dulu, malu dan kasihan sama ibuku yang harus berlari-lari mengejar saya kecil di halaman belakang rumah yang luas itu. 

Dari si embak pengasuh, ketika anak lelakiku sedang susah mandi, memang rada-rada hiperbola agar anakku mau mandi, sebagai berikut ;
  1. Memberitahukan anak-anak yang lain  belum mandi, kalau anakku mandi dia yang pertama
  2. Kalau belum mandi, nanti anakku enggak boleh main di rumah si A
Iyaaah..selama tidak menakut-nakuti anak-anak jika tidak mandi nanti dibawa tukang pemulung atau apa, aku masih bisa menerima. Yuk, mengajak anak mandi dengan lebih bijak dan anak-anak tidak merasa terpaksa namun menyedari bahwa mandi itu baik bagi tubuhnya. Dengan mengajak anak untuk mandi dengan bercerita tentang akibat tidak mandi, bisa mempengaruhi perkembangan pemikiran anak-anak.

Salam
Astin


4 komentar:

  1. Tengkiyuh tipnya Makmilllll....

    BalasHapus
  2. biasanya kalau anak2 lagi susah mandi, saya mengizinkan mereka mandi dengan mainannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...boljug tuh, aku kadang geregetan mainannya dulu yang dihandukin..hihi

      Hapus