Rabu, 09 April 2014

Pentingnya Berkomunikasi Dengan Anak

Selamat siang..apa akar semuanya? kali ini aku ingin berbagi, pentingnya berkomunikasi dengan anak. Komunikasi itu adalah dasar yang paling penting dalam berhubungan, baik dengan siapapun. Nah bicara hubungan dengan anak, apalagi saya bekerja di luar...komunikasi itu sangat penting dan perlu untuk dilakukan secara intensif.

Jadi, kapan aku melakukan komunikasi dengan anak? jika berangkat pagi, pulang malam dan jika di rumah ribet dengan persiapan untuk berangkat bekerja? aduuuh paling hari libur doang..heheee kasihan sekali ya si anak, Alhamdulillah aku masih bisa memilih untuk tinggal di dekat tempat kerja, jadi enggak berangkat anak masih bobo atau pulang anak sudah bobo.

Tapi kadang, sebagai seorang wanita, ribet sendiri itu pasti yaak, jadi untuk ngobrol dengan anakpun rasanya jadi satu hal yang langka. Jadi bagaimana doong?

  1. Ketika berangkat tidur, saya usahakan untuk ngobrol bareng anakku, apapun dan aku pancing-pancing terus untuk menceritakan apa yang dilalui sepanjang hari itu.
  2. Ketika anak bangun tidur, saya usahakan untuk menyapa dan menanyakan keinginannya.
  3. Ketika anak ingin terlibat dalam kegiatan seperti memasak, saya biarkan saja, meskipun bukan anak perempuan, namun disitulah ada pelajaran yang bisa di dapat, bercerita dan waktu itulah waktu yang sangat berkualitas,
  4. Ketika memandikan, ketika makan bersama hingga berpamitan untuk berangkat bekerja bisa menjadi waktu berkomunikasi yang tepat.
  5. Ketika sedang berlibur, usahakan selalu berdampingan dengan anak dan lakukanlah komunikasi ringan bersamanya.
Manfaatnya banyak melakukan komunikasi dengan anak, buat saya
  1. Melatih anak berkomunikasi dan menceritakan sesuatu
  2. Mendekatkan hubungan anak dan ibu
  3. Mengetahui  apa yang terjadi selama saya tinggal bekerja
  4. Lebih mengenal pribadi anak
  5. Mencegah hal-hal yang kurang baik, karena dengan melatih komunikasi anak terbiasa jujur.
Penekanan dalam menjalin komunikasi dengan anak
  1. Tidak memberi sangsi atau hukuman atas kejadian yang tidak menyenangkan, jika terjadi sebelum saya pulang
  2. Menyampaikan bahwa segala sesuatu yang paling tahu adalah Allah. Untuk menghindari anak menyampaikan sesuatu yang tidak benar.
Sementara itu dulu, saya sedang mencoba terus melatih untuk berkomunikasi dengan anak. 
Salam
Astin

1 komentar:

  1. Makasih tipsnya mbak, walaupun kynan masih kecil aku juga sering ngajak ngobrol gakpapa deh walaupun belum mengerti benar :p

    BalasHapus